Profil Lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan :

1 Analis Bisnis dan Perencanaan Pembangunan
Seorang analis bisnis dapat menganalisis kebutuhan-kebutuhan bisnis dan permasalahan penting bagi para pemangku kepentingan dan mengusulkan solusi-solusi praktis. Analis bisnis juga dapat mendukung pengembangan materi pelatihan, berpartisipasi dalam pelaksanaannya, dan memberikan dukungan pasca implementasi. Hal ini mungkin melibatkan pengembangan rencana proyek dan seringkali memerlukan keterampilan manajemen proyek.
2 Analis Keuangan
Seorang analis keuangan dibutuhkan keterampilan kuantitatif lanjutan yang hanya dipelajari oleh para sarjana ekonomi. Bagi perusahaan di bidang ekonomi, sarjana Ekonomi Pembangunan dibutuhkan untuk menganalisa keuangan, pembangunan industri, dan bisnis secara berkala. Sementara di perusahaan umum, lulusan Ekonomi Pembangunan juga sangat dibutuhkan di bagian analisa data keuangan, misalnya divisi Finance&Accounting, Financial Planner. Mereka akan mempersiapkan laporan dan presentasi untuk pemangku kepentingan agar bisa membuat keputusan akhir tentang investasi, penawaran saham, atau akuisisi.
3 Spesialis Kebijakan Publik

Seorang analis kebijakan dapat memiliki keterampilan menulis yang dibutuhkan  rekomendasi kepada badan legislatif terkait temuan penelitian yang didapatkan.

Prospek kerja Ekonomi Pembangunan dapat mengincar area pemerintahan. Para Sarjana Ekonomi Pembangunan memiliki keahlian merumuskan persoalan pembangunan industri, keuangan makro dan mikro, serta bisnis terutama di berbagai instansi pemerintahan dan lembaga negara. Seorang Analis kebijakan akan menganalisis sebuah masalah yang akan berdampak pada masyarakat dan memberikan saran kepada pemerintah untuk mengatasi sebuah masalah melalui Lembaga Swadaya Masyarakat atau saluran lainnya.

Lulusan Ekonomi Pembangunan dapat masuk ke Intansi pemerintah berkait perumusan kebijakan publik di bidang pembangunan ekonomi seperti : BPK, Bappenas, Bappeda, BKPM.

Di Bappenas lulusan Ekonomi Pembangunan sebagai team penyusun rencana pembangunan nasional, rancangan APBN, pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan.

4 Analis Perdagangan
Seorang Analis Perdagangan bertugas untuk menganalisis tren yang sedang terjadi dalam sebuah industri dengan tujuan membantu perusahaan meningkatkan kinerja. Beberapa industri membutuhkan Konsultan Ekonomi dan Perdagangan, termasuk bisnis, keuangan, kesehatan, pendidikan, dan pemerintahan. Bidang pekerjaan untuk sarjana Ekonomi Pembangunan mencakup penilaian bagaimana produk atau layanan bisa berjalan dalam berbagai kondisi ekonomi.